Pages

Alasan FlashDisk Tak Bisa Dicabut Lewat ‘Safely Remove Hardware’

Kalian pasti tau dengan yg namanya FlashDisk. Itu adalah perangkat luar yg berfungsi untuk menampung data2 komputer mini selain disket. Skrg orang lebih banyak pake Flashdisk dibandingkan pake disket karena fisiknya yg kecil namun dengan kapasitas yg lebih besar. Orang kebanyakan menggunakan flashdisk apabila akan ke warnet untuk mengunduh beberapa file dari internet untuk yg gak punya koneksi internet di rumahnyaa.
Nah, pake flashdisk itu ada tata caranyaa! Gabisa khan klo maen colok sana-sini, langsung cabut sembarangan, maen banting, maen lempar, maen serong (okeh itu dah mulai lebay dan gak nyambung) Ntar yg ada data2 di flashdisk kita rusak bahkan hilang. Salah satu tata cara penggunaan flashdisk yg baik adalah begitu kita mau mencabut flashdisk dari komputer kita, kita kudu mengklik kanan ikon yg ada di taskbar di pojok kanan bawah. Setelah itu klik tulisan Safely Remove Hardware. Tujuannya supaya kita komputer dah gak bakalan mendetek flashdisk kita lagi. Jadi supaya mastiin klo gak ada data dari flashdisk kita lagi gak dipake atau digunain. Tapi, terkadang pas kita dah klik tulisan Safely Remove Hardware, rupanya malah muncul pesan error Generic Volume Cannot Be Stopped right now seperti di bawah ini.

Nah, itu ada beberapa alasan kenapa kita gabisa mencabut tuh flashdisk. Berikut ini 3 contoh alasan flashdisk gabisa dicabut:
1. Masih ada Windows Explorer yg terbuka

Meskipun kalian tau Windows Explorer itu lagi gak membuka drive flashdisk, tapi akan lebih baik klo semua Windows Explorer atau File Manager lainnya ditutup ajaa. Soalnya siapa tau mereka masih melakukan proses pada drive. Jadi, solusi untuk alasan yg satu ini adalah dengan menutup semua File Manager yg ada walau File Manager itu lagi gak menampilkan isi dari flashdisk.

2. Masih ada program/software yg lagi membuka file yg berada di flashdisk
 
Nah, untuk yg satu ini kalian pasti ngerti khan kenapa kita gabisa mencabut flashdisk? Udah jelas karena file dari flashdisk itu lagi dipake dan blom disave di komputer. (masih ada di flashdisk) Jadi klo kalian pengen mencabut flashdisk tapi filenya masih lagi dipake, save ajah dulu di komputer kalian supaya kita bisa mencabut flashdisk tanpa merusak atau kehilangan file tersebut dan masih bisa kita jalankan di komputer kita. Misalnya ajah file MS Word. Jadi solusinya adalah dengan menutup semua aplikasi dan software yg masih menggunakan file dalam flashdisk.

3. Ada aplikasi atau software yg menjalankan file dalam flashdisk tanpa sepengetahuan kamu
 
Kalian dah mastiin semua File Manager dah ditutup, juga semua aplikasi yg mungkin lagi mengakses file dalam flashdisk dah ditutup tapi masih juga gabisaa. Kemungkinan ada software atau program yg lagi mengakses flashdisk kamu tanpa sepengetahuan kamu. Mungkin AntiVirus lagi menscan flashdisk kamu jadi kamu blom bisa mencabut flashdisk itu selain menunggu scannya selesai atau menyetop scan. Solusinya adalah klo kamu pake program pemonitor sistem, kamu bisa mengubah settingannya supaya scannya gak menyertakan eksternal drive. Tapi hati2 soalnya ini berisiko membahayakan komputer kamu. Soalnya khan flashdisk tuh yg biasanya menjadi sumber virus.

4. VIRUS!!
 
Nah ini alasan yg paling bahayaaa! VIRUS! Kemungkinan flashdisk kamu masih tetep gabisa dibuka bahkan setelah mengecek semuanya klo gak ada aplikasi/software manapun yg lagi mengakses flashdisk kamu karena adanya virus berupa file yg gak pernah kamu simpen di dalemnya yg lagi menular atau menyalin diri dari flashdisk ke komputer kamu! Horroooor… Solusinya adalah

1. Menunggu sampai komputer shutdown setelah itu baru kamu bisa mencabut flashdisk
2. Klo kamu butuh cepet2 mencabut flashdisk itu, kamu harus liat dulu lampu yg ada di flashdisk. Klo dah gak kedap-kedip, kamu bisa ajah langsung cabut. Tapi ini juga berisiko membuat data rusak atau hilang.
 
                                                                                                                                                                                     Sumber : bonannet.blogspot

0 komentar:

Posting Komentar