Pages

Kenapa seri perangkat Android Samsung dinamakan Galaxy?


Smartphone Galaxy S telah berhasil diluncurkan di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia tentunya. Galaxy S adalah smartphone Android terlaris yang pernah dengan penjualan mencapai 14 juta unit sejak diluncurkan. Kesuksesan ini membuat Samsung merilis seri Galaxy lainnya untuk berbagai segmen termasuk tablet PC dengan seri Galaxy Tab. Tapi tahukah Anda kenapa Samsung memberikan nama "Galaxy" untuk semua seri perangkat Androidnya?

Nama "Galaxy" dipilih karena tiga alasan. Dan alasan pertama berkaitan dengan nama sistem operasi dari produk ini, yaitu "Android."


Tentu saja, Anda tahu bahwa nama sistem operasi mobile milik Google ini juga mengacu pada robot atau mesin buatan yang menyerupai manusia. Anda akan melihat mereka di film-film fiksi ilmiah seperti "Star Wars," di mana manusia dan robot droid hidup berdampingan di alam semesta yang akan datang.

Kombinasi nama "Galaxy" dan "Android" dimaksudkan untuk mewakili pengguna smartphone Android Samsung yang menjelajah alam semesta di masa yang akan datang, seperti dalam Star Wars, untuk mencapai apa yang potensial di masa depan.

Alasan kedua untuk menjelaskan nama "Galaxy" harus dikaitkan dengan filosofi pendiri Samsung dan identitas perusahaan. Anda mungkin sudah tahu bahwa "Samsung" dalam bahasa Korea berarti "tiga bintang", dan galaksi juga terdiri dari bintang-bintang. Juga perlu diketahui kalau pendiri Samsung Lee Byung-Chul memberi nama Samsung karena beliau ingin membuat perusahaan yang "besar, kuat dan abadi," seperti sebuah galaksi. Dengan demikian, nama "Galaxy" untuk perangkat ponsel dan tablet PC Samsung seakan ingin mewujudkan prinsip-prinsip pendiri dari perusahaan yang sudah berumur 73 tahun itu.


Alasan ketiga untuk mengadopsi nama "Galaxy" ini ada hubungannya dengan logo perusahaan Samsung. Jika Anda melihat logo elips biru diatas dan bandingkan dengan gambar dari galaksi Andromeda, bukankah keduanya mirip? Sehingga dalam hal ini Anda bisa mengetahui kalau penamaan "Galaxy" benar-benar tidak secara kebetulan.


Begitu juga ketika operator seluler terbesar di Jepang, NTT DoCoMo, yang membuat kampanye pemasaran yang paling mendalam dengan menggunakan nama "Galaxy" sebagai temanya. Ketika meluncurkan smartphone Galaxy S - perangkat ponsel Android Samsung pertama yang diperkenalkan di Jepang - DoCoMo secara khusus menampilkan salah satu ikon karakter paling terkenal dari film "Star Wars," Darth Vader. Dan memang Samsung Galaxy S telah mendapatkan popularitas di kalangan masyarakat Jepang sejak peluncurannya pada bulan Oktober 2010. Baru-baru ini, sebuah studi oleh Strategy Analytics menunjukkan penjualan Samsung Galaxy S ditempatkan di jajaran empat vendor handset teratas Jepang selama kuartal pertama tahun 2011.

Sumber : samsungtomorrow.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar