Pages

Cara Lebah Membuat Madu

Kita semua tentu sudah pernah merasakan manisnya madu, selain enak juga menyehatkan. Nah sekarang mari kita lihat bagaimana cara lebah membuat madu.

Sarang lebah, yang biasanya dihuni oleh 20.000 sampai 60.000 lebah madu. Sarang itu dihuni oleh satu ratu yang tugasnya hanya bertelur saja, sang ratu sanggup bertelur sampai 2000 telur perhari. Selebihnya dihuni oleh lebah beberapa lebah jantan dan puluhan ribu lebah betina yangbertugas sebagai pekerja.

Madu terbuat dari cairan manis didalam bunga (nektar). Nektar terdiri dari 80% air dan gula kompleks.

Seekor lebah madu mampu mengunjugi 100 sampai 1500 bunga dengan kecepatan 13 sampai 15 mph, untuk menghisap nektar. Lebah madu menghisap nektar dengan lidah mereka yang mirip tabung. Nektar di simpan dalam lambung lebah madu untuk diangkut kesarang nya. seekor lebah madu sanggup membawa 70 miligram nektar atau hampir sama dengan berat tubuhnya.

Cara lebah membuat madu sangat unik. Pertama lebah rumah menghabiskan nektar dengan cara mengunyahnya sekitar setengah jam. Enzim perlahan - lahan mengurai nektar menjadi gula sederhana. Setelah itu lebah meneteskan nektar ke seluruh sarang nya.

Lebah madu mengeringkan nektar dengan cara mengipasinya dengan sayap mereka sehingga air dalam nektar cepat menguap. Jika kadar kekentalan nektar sudah sampai, maka berubahlah nektar menjadi madu. Lebah kemudian memasang tutup lilin di atas sel sarangnya - mirip seperti menyegel minuman.

Madu yang disimpan ini yang akan dimakan oleh lebah madu. Dalam setahun satu koloni lebah madu bisa menghabiskan 55 sampai 100 kg madu.

Sumber: gambar, how come, berita-iptek

0 komentar:

Posting Komentar