Pages

Tips Singkat Mengecek Laptop

Laptop punya komponen yang lebih rentan dibandingkan PC desktop, tips singkat ini berguna untuk menganalisi dulu sebelum dibawa ke service center/tukang service.
  • Periksa batu baterai laptop, kebanyakan laptop ngadat karena urusan yang satu ini. coba dilepas kemudian dicolokkan langsung ke listrik kalau laptop dapat hidup normal berati terjadi kerusakan pada baterai. biasanya baterai laptop akan mengalami penurunan apabila sudah dipakai lebih dari setahun karena itu juga terjadi secara alamiah, tetapi kita dapat memperlambat kerusakan baterai dengan memperhatikan hal2 yang kecil spt isi/charger kalau sudah tinggal 10% dan lepaskan charger bila sudah 100%, jangan tetap ditancap terus maka bisa terjadi overheat atau bahkan terbakar (sudah ada kasusnya)
  • Suhu Ruangan, apabila berada dalam ruangan yang suhunya panas disarankan colling pad. memang sebaiknya bekerja menggunakan komputer akan lebih nyaman di ruangan ber AC (dingin tapi kering) bukan lembab.
  • Sering mati sendiri kira-kira dipakai baru 1 jam an kemudian hidup lagi kemudian mati lagi, kemungkinannya adalah kipasnya mati sehingga terjadi panas yang berlebihan.
  • Laptop nyala tapi layar tetap hitam, coba tekan tombol pengatur cahaya, apabila gagal masuk ke BIOS dengan tekan F2. kalau tampil menu-menu BIOS maka dipastikan Motherboard tidak apa2, kemungkinan lainnya bisa vga nya rusak atau juga bisa juga RAMnya rusak. 
                    

0 komentar:

Posting Komentar