Pages

Mengapa Tumbuh Uban

Seiring dengan bertambahnya usia rambut manusia pun mulai memutih atau dengan kata lain uban pun tumbuh. Mengapa rambut beruban? pertanyaan yang menggelitik ini akan kita bahas berikut ini.

Rambut terbuat dari protein atau disebut juga keratin. Keratin ini secara alamiah tanpa warna alias putih. Rambut kita yang berwarna hitam, coklat, dan pirang karena helai rambut kita diberi pigmen warna yang berbeda-beda oleh zat kimia yang disebut melanin.

Melanin dibuat oleh sel-sel khusus di kulit yang disebut melanosit. Satu dari sepuluh sel kulit adalah melanosit. melalui sebuah enzim protein dirubah menjadi melanin.

Rambut tumbuh dari tabung khusus di kulit yang disebut folikel (follicle). Folikel terbuat dari sel-sel kulit, sehingga melanin masuk kerambut.

Rambut akan kehilngan warna atau uban tumbuh karena pasokan melanin terhenti. Ada dua cara mengapa pasokan melanin kerambut terhenti yaitu. Produksi melanosit mulai melambat seiring dengan bertambahnya usia sehingga pasokan melanin berkurang. kedua, tentakelnya memendek sehingga melanin tidak mencapai sel-sel rambut.
Sumber: berita-iptek, howcome, gambar

0 komentar:

Posting Komentar